Selasa, 14 Februari 2012

Dampak Dari Ucapan Anda

Selamat Pagi rekan-rekan. Apakah pernah mendengar istilah "mulutmu harimaumu" atau "mulut yang berbisa". Istilah itu pada dasarnya mengingatkan kita untuk berhati-hati dalam bertutur kata. Disadari atau tidak, kata-kata apapun yang keluar dari mulut Anda dapat memberikan dampak bagi diri Anda dan lingkungan Anda. Orang lain pun pasti memiliki persepsi berbeda sesuai dengan cara Anda bertutur kata.

Sekarang mari kita nilai diri kita sendiri. Kata-kata apapun yang keluar dari mulut Anda bisa menimbulkan berbagai macam dampak. Anda dapat dihujat dan dibenci, atau bisa saja perkataan Anda membuat Anda disenangi. Kata-kata Anda dapat membangkitkan semangat orang lain dan memotivasi, atau sebaliknya, mengecilkan nyali seseorang, membuat seseorang kehilangan motivasi.

Coba Anda ikuti seminar motivasi atau training sejenis, kemudian Anda amati perilaku pesertanya. Rata-rata mereka akan lebih bersemangat dari sebelumnya, mereka tidak minum obat atau apapun selama training, mereka hanya mendengarkan perkataan si pembicara yang mampu memotivasi seluruh peserta. Sekarang mungkin Anda pernah mendengar berita kriminal dimana seorang pembantu berani menghabisi nyawa majikannya sendiri hanya karena merasa tersinggung oleh kata-kata majikannya.

Dua kondisi yang jelas beda sekali. Yang satu memberikan dampak positif dan lainnya memberikan dampak negatif. Pemicunya tidak lain yaitu ucapan. tetapi isi pemicunya berbeda, yaitu ucapan positif dan ucapan negatif. Memang terkadang kita menganggap sepele ucapan kita. Apalagi saat kita sedang emosi, maka ucapan yang keluar pun seringkali tidak terkendali.

Rekan Bisnis, siapapun Anda, sesungguhnya kata-kata yang Anda ucapkan dapat mempengaruhi lingkungan Anda. Baik itu berdampak positif atau justru malah dampaknya negatif, semuanya Anda sendiri yang menentukan, perkataan seperti apa yang keluar dari mulut Anda.

0 komentar:

Posting Komentar