Sabtu, 11 Februari 2012

Ciptakan Good Habit Untuk Meraih Kesuksesan

Rekan-rekan sekalian, habit (kebiasaan) sangat berperan penting bagi kesuksesan Anda. Misalnya ketika Anda belajar mengendarai motor atau mobil, awalnya memang terasa sulit dan belum terbiasa. Anda harus memikirkan sudah gigi berapa motor Anda, sudah dekat lampu merah maka anda masih terfikir untuk mengeremnya, melihat spion ketika ingin masuk jalur kanan atau kiri. Hal-hal itu masih dilakukan atas perintah otak kita. Namun lama-kelamaan dan Anda setiap hari mengendarainya, dengan sendirinya hal tersebut menjadi sebuah habit (kebiasaan).

Mengubah kebiasaan memang tidak mudah, tetapi bukan berarti tidak bisa. Untuk membentuk sebuah habit dibutuhkan waktu kurang lebih enam minggu selama Anda benar-benar konsisten menjalankannya*)

Habit merupakan salah satu dari sekian banyak elemen yang dapat menentukan kesuksesan seseorang*). Anda harus mampu mengidentifikasi mana yang good habit dan mana yang bad habit.

Habit adalah sesuatu yang tidak dapat dilihat secara fisik, tetapi dapat dirasakan pengaruhnya bagi kehidupan Anda. Habit dibentuk ketika seseorang terus menerus mengulang suatu aktivitas sehingga menjadi terbiasa.

Banyak orang berkoar bahwa mereka sudah mencoba untuk mengubah kebiasaan buruk mereka, tetapi tidak bisa. Permasalahannya adalah bukan karena Anda sudah mencoba atau tidak, tetapi sudah berapa kali Anda berusaha dan mencoba untuk mengubah habit itu. Segala sesuatunya harus dimulai dengan tekad Anda dan komitmen yang kuat untuk mengubah habit ke Arah yang positif.

*) The Power Of Habit – Catherine Levison

0 komentar:

Posting Komentar